Ahlul Bait

Ahlul Bait adalah orang-orang yang mendapat keistimewaan dan keutamaan serta kedudukan tinggi dari Allah SWT. Dimana Allah telah membersihkan dosa-dosa mereka serta mensucikan mereka sesuci-sucinya.

Allah berfirman :

انما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت ويطهركم تطهيرا

 

( الاحزاب ؛ ٣٣ )

 

“Sesungguhnya Allah hendak menghapus segala noda dan kotoran (dosa) dari kalian Ahlul Bait dan hendak mensucikan kalian sesuci-sucinya” (Al-Ahzab-33)

Kemudian para ulama sepakat bahwa Ahlul Kisa’, selain Rasulullah SAW yaitu Imam Ali, Siti Fatimah, Imam Hasan dan Imam Husin adalah termasuk Ahlul Bait. Dimana saat itu Rasulullah bersabda:

اللهم هؤلاء اهل بيتى

 

“ Yaa Allah mereka adalah Ahlul Baitku”.

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Turmudzi dari Ummi Salamah, bahwa setelah turun Ayatuttathir, Rasulullah menutup kain Kisa’nya (sorbannya) diatas Ali, Fatimah, Hasan dan Husin, seraya berkata :

 

اللهم هؤلاء اهل بيتى فاذهب عنهم الرجس وطهرهم تطهيرا

 

( رواه مسلم والترمذى واحمد والحاكم )

 

“Ya Allah, mereka adalah Ahlul Baitku, maka hapuskanlah dari mereka dosa dan sucikan mereka sesuci-sucinya”.
(HR. Muslim, Turmudzi, Ahmad dll )

Sebuah hadist yang terkenal, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab sahihnya, dari Zeid bin Arqom sebagai berikut : “Pada suatu hari Rasulullah berkhotbah di satu tempat yang ada sumber airnya yang dikenal dengan nama Khumman yang terletak antara kota Mekkah dan Madinah. Setelah beliau bertahmid dan memuji Allah serta memberikan wejangan beliaupun bersabda :

 

اما بعد :الا ايها الناس ، انما انا بشر يوشك ان يأتى رسول ربى فأجيب وانا تارك

فيكم ثقلين ،اولها كتاب الله فيه الهدى والنور، فخذوا بكتاب الله واستمسكوا، فحث

على كتاب الله ورغب فيه,ثم قال: واهل بيتى ، اذكركم الله فى اهل بيتى, اذكركم الله

فى اهل بيتى ،اذكركم الله فى اهل بيتى , فقال له حصين : ومن اهل بيته يازيد ؟

اليس نساؤه من اهل بيته ؟ قال نساؤه من اهل بيته ،ولكن اهل بيته من حرم الصدقة

بعده ،قال : ومن هم ؟ قال :هم ال على وال عقيل وال جعفر وال عباس .

قال : كل هؤلاء حرم الصدقة ؟ قال : نعم.

( رواه مسلم واحمد والحاكم والدارمى وابن حبان والبزاروالطبرانى )

 

 

Amma ba’du : “Hai orang-orang sesungguhnya aku adalah manusia, aku merasa akan datang utusan Tuhanku dan aku menyambutnya, aku meninggalkan pada kalian dua bekal (pegangan), yang pertama Kitabullah (Al-Qur’an), didalamnya terdapat petunjuk dan cahaya,. Ambillah (terimalah) Kitabullah dan berpegang-teguhlah padanya. “Setelah Rasulullah menekankan Kitabullah, kemudian berkata lebih lanjut. Dan Ahlul Baitku, kuingatkan kalian kepada Allah mengenai Ahlu Baitku, kuingatkan kalian kepada Allah mengenai Ahli Baitku, kuingatkan kalian kepada Allah mengenai Ahli Baitku”.

Kemudian sahabat Khushoin bertanya : “ Siapa saja Ahlul Baitnya hai Zaid ? Apakah istri-istrinya termasuk juga Ahlul Bait?, maka dijawab, “istri-istrinya juga termasuk Ahlul Bait. Ahlu Baitnya adalah mereka yang diharamkan menerima shodaqoh”.
Lalu Khusoin bertanya lagi : “ Siapa saja mereka ?” Lalu dijawab: “Mereka itu keluarga Ali, keluarga Agil, keluarga Ja’far dan keluarga Abbas.” Penanya bertanya lagi : “Semua itu diharamkan menerima shodaqoh ?” Dijawab : “Ya”
.

( H Muslim, Ahmad, Al Hakim, Ad Darini, Ibnu Hibban,

Al Bazzar dan At Thobaroni )

 

Kemudian diakhir hadist tersebut juga menerangkan bahwa yang dimaksud dengan Ahlul Bait adalah mereka yang diharamkan menerima shodaqoh. Mereka adalah keluarga Ali, keluarga Agil, keluarga Ja’far dan keluarga Abbas. Hal tersebut juga dikuatkan oleh hadist yang lain, dimana Rasulullah bersabda:

انا ال محمد لا تحل لنا الصدقة

( رواه البخارى )

 

 

“ Kami keluarga Muhammad, tidak dihalalkan bagi kami pemberian shodaqoh”.


( HR. Bukhori )

41 Tanggapan

  1. bagaimana dengan aisyah dan para istri nabi yang lainnya apakah beliau bukan ahlu bait nabi ?

  2. @ Ahlan wahonot.

    Saya hanya sedikit memberi jawaban terhadap pertanyaan Anda yaitu: bagaimana dengan aisyah dan para istri nabi yang lainnya apakah beliau bukan ahlu bait nabi?

    Ahlul Bait yang dalam pengertian DISUCIKAN OLEH ALLAH sesuai dengan firmannya “Sesungguhnya Allah hendak menghapus segala noda dan kotoran (dosa) dari kalian Ahlul Bait dan hendak mensucikan kalian sesuci-sucinya” (Al-Ahzab-33) adalah 5 orang yaitu: Rasulullah SAW, Ali, Fatimah, Hasan dan Husen. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Turmudzi dari Ummi Salamah (salah seorang Istri Nabi).

    Tapi Nabi mempunyai istri-istri dan keluarga lainnya seperti Aisyah (istri) dan saudara-audaranya serta paman seperti keluarga Agil, keluarga Ja’far dan keluarga Abbas. Mereka juga adalah Ahlul Bait tapi tidak masuk dalam pensucian yang Allah lakukan terhadap 5 orang Ahlul Bait termasuk Rasulullah SAW.

    Disitulah perbedaan antara Ahlul bait yang suci dan tidak disucikan. Jadi terserah Anda bagaimana menilai hal ini.

    Salam untuk pak Administrator.

    Aqil Zein.

  3. Mencintai Nabi bukan berarti hanya mencintai para ahlul bayt saja (meski kita memang harus mencintai Nabi dan Keluarganya), tapi juga mencintai para sahabat yang dekat dengannya dan salafussholihiin yang turut menyampaikan risalah islam. Jangan lupa …kita semua tidak bertemu langsung dengan nabi Muhammad SAW. Tetapi karena kecintaan kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW dan ilmu para ulama yang menyampaikan kita memperoleh kebenaran islam. Semoga Allah merahmati seluruh umat Nabi Muhammad ..Amin.
    Jelas Allah menerima amal ibadah seorang hambanya berdasarkan ketaqwaan kepada Allah, siapapun dia…selama ia islam dan beriman kepada Allah,dan RasulNya.
    Lalu bagaimana anda bisa berpendapat ada dua pembagian ahlul bait ang disucikan dan tidak disucikan. sungguh jelas anda telah mengecam para ahlul bait. Hati-hatilah dengan pendapat anda. Kalau memang ahlul bayt itu disucikan sesuai dengan QS AL Ahzab 33) yang anda jadikan dalil, kenapa mesti dipilah.

  4. @ abdurahmanadung

    Terima kasih atas tanggapan pada pada tanggapan saya untuk wahonot.

    Jelas disitu pertanyaan wahonot “bagaimana dengan aisyah dan para istri nabi yang lainnya apakah beliau bukan ahlu bait nabi ?”

    Ahlul bayt dalam bahasa indonesia adalah “PENGHUNI RUMAH”

    Saya menjelaskan bahwa ahlul bayt yang disucikan Allah sesuai firmannya (QS AL Ahzab 33) ada 5 orang termasuk Nabi SAW. Ada baca tulisan diatas bagaimana para ulama sepakat hal ini.

    Dan diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Turmudzi dari Ummi Salamah, bahwa setelah turun Ayatuttathir, Rasulullah menutup kain Kisa’nya (sorbannya) diatas Ali, Fatimah, Hasan dan Husin, seraya berkata :

    “Ya Allah, mereka adalah Ahlul Baitku, maka hapuskanlah dari mereka dosa dan sucikan mereka sesuci-sucinya”.
    (HR. Muslim, Turmudzi, Ahmad dll ).

    Jadi kalau tidak di pilah bagaimana Anda melihat ini?
    bagaimana dengan istri2 beliau?
    bagaimana dengan “penghuni rumah” lainya?.
    Apakah anda punya dalih bahwa semua penghuni rumah Nabi adalah Ahlul bayt yang di sucikan?
    atau mereka bukan ahlul bayt karena mereka tidak disucikan sesuai QS AL Ahzab 33?.

    Atau apakah anda mengingkari bahwa Ali, Fatimah, Hasan dan Husin adalah ahlul bayt nabi yang di sucikan sesuai QS AL Ahzab 33?

    Apakah alasan Anda bahwa saya telah mengecam para ahlul bayt? ahlul bayt yang mana yang saya kecam?

  5. terima kasih atas bantuannya memberikan masukan pengetahuan buat saya. lanjutkan dakwah demi kecintaan kita kepada Allah dan Rasulnya..Amin

  6. Ass.wr.wb,pak webmaster.
    Alhamdullillah dan puji syukur kehadirat Allah yang maha berkuasa atas segala-galanya.
    Marilah kita bersalawat untuk junjungan nabi dan rasul kita yang mulia nabi Muhammad S.A.W.
    Tidak begitu banyak keturunan Rasullallah di bumi indonesia ini,yaitu lebih kurang 2 juta.
    Termasuk saya sendiri dari Husin r.a.

    Wassalam dan salam sejahtera.

    • nasab dari Ibu karena Nabi Isa As berasal dari rohul kudus bukan dari persetubuhan. saya tidak setuju itu mukjizat nabi Muhamad SAW yang terbesar.

  7. Salam..

    Keturunan Rasul bukan berati termasuk Ahlul Bait yang disebutkan dalam Al Ahzab 33.

    Hadis Kisa udah jelas untuk mengungkap siapa Ahlul Bait yang disebutkan dalam Al Ahzab 33.

    Ala Nabi wa Alihi Sholawat..!

    wassalam

  8. Ass.wr.wb,pak webmaster.
    Jadi siapakah imam Mahdi tersebut?
    Bukankah beliau Ahlil bait rasullallah?
    Kalau Iya bedanya apa?
    Kalau tidak bagaimana dengan hadits rasullallah?
    Tolong di jawab pak dengan singkat dan tegas.

    Wassalam. SAYYID.

  9. Sesungguhnya Rasulullah saw selama 6 bulan ketika melewati pintu rumah sayidina Ali dan sayidah Fatimah untuk sholat subuh Beliau berkata : “sholat, wahai Ahlulbayt” kemudian Beliau membaca ayat suci al-Quran “انّما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت و يطهّركم تطهيراً” hal ini tertulis didalam kitab-kitab ahlusunnah dan syiah berikut sebagian dari kitab-kitab tersebut(صحيح الترمذي- مسند احمد ابن حنبل – تفسير ابن جرير الطبري – مستدرك الصحيحين – اسد الغابة – كنزالعمال – الدرالمنثور)

  10. Sesungguhnya Rasulullah saw selama 6 bulan ketika melewati pintu rumah sayidina Ali dan sayidah Fatimah untuk sholat subuh Beliau berkata : “sholat, wahai Ahlulbayt” kemudian Beliau membaca ayat suci al-Quran “انّما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت و يطهّركم تطهيراً” hal ini tertulis didalam kitab-kitab ahlusunnah dan syiah berikut sebagian dari kitab-kitab tersebut(صحيح الترمذي- مسند احمد ابن حنبل – تفسير ابن جرير الطبري – مستدرك الصحيحين – اسد الغابة – كنزالعمال – الدرالمنثور)

  11. salam…kenapa keturunan Rasulullah khususnya yg bernama Syed dan Syarifah kat belakang nama tu ada yang al-yahya, al-idrus, al-attas dan sebagainya? dari mana asal n salsilah wujudnya perbezaan `al’ kat blkg nama tu?

  12. saya kira, setelah wafatnya Hasan dan Husen, ya tak ada lagi orang yang dapat dianggap sebagai ‘ahlul bait’. Dan garis keturunan dari Fatimah (baca bukan Ali bin Abi Thalib), apa iya bisa jadi dinasti ahlul bait?.

  13. dlm al Quran yang ada tentang nasab dari IBU hanyalah Nabi Isa As. yang ‘beribnu’ Maryam, setelah Nabi Isa saya kira tidak ada lagi bernasab pada perempuan.

    inilah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW bahwa beliau tidak dianugerahi seorang anak laki-laki yang berumur sampai dewasa, krn jika ada anak laki-lakinya ini, bayangkan anaknya ini mempunyai keturunan?

    mungkin anak cucu dan cicitnya akan disanjung-sanjung berlebihan.

  14. Jangan terburu2 menghujat dan menyimpulkan sebelum meengkapi diri dengan dalil2.

    ” Fatimah adalah bagian dari diriku, Barangsiapa yang membuatnya marah maka akan membuatku marah. dan siapa yang menyenangkan dan melegakannya akan menyenangkan dan melegakanku, Sesungguhnya bahwa semua nasab.akan terputus pada hari kiamat, kecuali nasabku dan sababku.”
    ( H.R Imam Ahmad dan Imam Hakim )

    ” Semua anak yang dilahirkan ibu nya bernasab kepada ayah mereka. Kecuali anak anak fatimah, Akulah wali mereka, Akulah nasab mereka dan Akulah ayah mereka.”
    ( H.R Imam Ahmad oleh Asy Syuyuthi )

    “Aku akan memerangi siapapun yang memerangi kalian ( ahlul bait ) dan Aku akan menyelamatkan siapapun yang menyelamatkan kalian.”
    ( H.R At Turmudzi, Imam Ahmad dan Imam Hakim )

    Berikut adalah ayat yang terkait dengan berita bahwa Nasab Rasulullah tidak terputus.

    QS: 108 (Al kautsar)
    1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
    2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
    3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

    Tafsir dari ayat ini adalah bahwa nikmat tsb adalah keturunan. Asbabun Nuzulnya adalah ketika beberapa orang menghina Rasulullah terputus karena tidak memiliki anak laki2.
    Jadi berhati2lah mereka yang menyatakan Rasulullah terputus (keturunannya).

    Salam damai

  15. kalau pendapat di atas benar, lalu kemana nasabnya dari Baginda Ali bin Abi Thalib Ra.?

    • assalamualaikum wr.wb.
      tuk saudara elfan, semoga ALLAh memberi petunjuk padamu dan kita semua.

      shoolluuu ala nabi.
      ALLAh dan para malaikatNYA aja bersholawat utk nabi.
      kamu ingat kan,??? wa ala alihi muhammad wa ashabihi ajma,iin.
      wassalamualaikum wr.wb.

  16. saya dan anda juga sama-sama bershalawat pada Nabi Muhammad SAW, dan yang saya baca seperti di bawah in:

    Doa dan Zikir

    “Bacaan sholawat setelah tasyahud

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ , كَمَا صَلَيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ , إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ , اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ , إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

    “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”” — HR. Bukhari dalam Fathul Baari: 6/408.

  17. Yth.elfan .
    terimakasih ats penjelasannya,
    cuman perlu kita ingat ; bahwa; islam sendiri terpecah menjadi 73 golongan, jadi demi kebersama,an ,bukankah sifat arif dan bijak yg harus kita miliki,??
    rasanya di sinilah awal kemunduran islam itu sendiri, yg sibuk mencari kebenaran masing 2 pribadi / gol.
    dari ke 73 tersebut semua mempunyai dasar, yg dgn dasarnya gak mau di salahkan oleh gol. lain.
    memang semenjak wafatnya nabi saw. banyak mas,alah 2 kilafiyah yg sering menjadi perdebatan di kalangan umat islam itu sendiri.
    sehingga lupa atas perintah / peringatan ALLAH itu sendiri ,
    seprti ; wa,tasimu bi habLILLAHI jamia wala tafarroquu, ………,ila ahirihi.
    MA,AF ,karna saya bukan tukang ndalil. takut ga sesuai dgn amal perbuatan saya sendiri [ bersembunyi dlm dalil]
    dan masih banyak pokok 2 islam yg harus di utamakan dr pd gemar debat kusir, dan suka menganggp diri yg paling benar / pintar. pelajarih sejarah, dan justru yg paling kita tdk suka itu yg hrus kita pelajari dulu, biar kita gak langsung mudah mengklaim org lain . karna takut pada ILLAHI.
    KURANG LEBIHNYA MOHON MA,AF YG SEBESAR 2NYA.

  18. Assalamualaikum WW

    Dlm Al Quran, jika kt simak, jarang menyebut angkat apalagi tahun, ya itulah mukjizat-Nya. Jadi soal angka 73 golongan dlm suatu hadits tsb.mungkin bisa kita tafsirkan banyak, bukan cuma 73 golongan. itulah manusiawi di dunia.

    dan, sy rasa kita bukan debat kusir, tapi mungkin cukup erat kaitannya dengan keimanan kita yang kelak akan diminta pertanggungjawabannya. seperti pertanyaan sy terdahulua, apa iya nasab dari Saidina Ali bin Abi Thalib tidak termuat dlm sejarah umat Islam?

    semoga Allah SWT mengampuni kita.

  19. Dlm Al Quran yang menyebut ‘ahlulbait’, rasanya ada 3 (tiga) ayat dan 3 surat.

    1. QS. 11:73: Para Malaikat itu berkata: “Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan kebrkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah”.

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya, maka makna ‘ahlulbait’ adalah isteri dari Nabi Ibrahim.

    2. QS. 28:12: Dan Kami cegah Musa dari menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusukan(nya) sebelum itu; maka berkatalah Saudara Musa: ‘Maukahkamu aku tunjukkan kepadamu ‘ahlulbait’ yang akan memeliharanya untukmu, dan mereka dapat berlaku baik kepadanya?

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya, maka makna ‘ahlulbait’ adalah Ibu Nabi Musa As. atau ya Saudara Nabi Musa As.

    3. QS. 33:33: “…Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu ‘ahlulbait’ dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya”.

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya QS. 33: 28, 30 dan 32, maka makna ahlulbait adalah para isteri Nabi Muhammad SAW. Sedangkan sesudah ayar 33 yakni QS. 33:34, 37 dan 40 penggambaran ahlulbaitnya mencakup keluarga besar Nabi Muhammad SAW. isteri plus anak-anak beliau.

    Coba baca catatan kaki dari kitab: Al Quran dan Terjemahannya, maka ahlulbaik yaitu KELUARGA RUMAHTANGGA RASULULLAH Berarti kel Saidina Muhammad SAW yg seharusnya, kedua orang tua beliau, tapai keduanya belum Muslim dan sudah meninggal, diri saidina Muhammad SAW sendiri, atau saudara kandungnya (tapi beliau anak tunggal), isteri-isterinya, anak-anaknya baik laki-laki maupun perempuan, sayangnya anak beliau yang lelaki tak ada yang sampai besar, tidak meninggalkan anak keturunan. Keturunan Bunda Fatimah, Hasan, Husein dan lainnya yg perempuan ya tidak lagi masuk ahlul bait krn. nasabnya Saidina Ali bin Abi Thalib. Krn Al Quran hanya mengenal nasab dari laki-laki kecuali Isa bin Maryam (QS. 33:4-5)

  20. Kalau kita lihat silsilah Saidina Muhammad SAW, maka jelas ada benang merah ttg nasab tsb. Hasyim, ayah dari Abdul Muthalib, kakek dari Saidina Muhammad SAW, beliau anak tunggal. Abdul Muthalib sendiri, juga anak tunggal krn. orang tuanya, Hasyim meninggal sebelum Abdul Muthalib lahir.Tapi, anak Abdul Muthalib banyak, yang bungsu Abdullah, orang tua Saidina Muhammad SAW, juga wafat sebelum Saidina Muhammad SAW lahir. Berarti, Saidina Muhammad SAW anak tunggal juga.

    Lalu, anak lelaki Saidina Muhammad SAW dengan Bunda Khadijah, baik Ibrahim dan Abdullah, juga tidak hidup lama krn meninggal sebelum dewasa. Karena itu, oleh kelompok musuh Nabi Muhammad SAW slalu mencela akan putusnya nasab beliau krn tidak ada anak laki-laki penerus nasabnya. Bayangkan, jika ada anak lelaki beliau yg mempunyai keturunan, entah bagaimana para penerus dinasti Saidina Muhammad SAW tersanjung-sanjung.

    Inilah mukjizat Allah SWT pada Nabi kita Muhammad SAW, nasab beliau diputuskan supaya tidsak ada yang mengklaim ‘mereka’ adalah keturuna Saidina Muhammad SAW, keturuna nabi dan keturunan rasul. Jadi jika merujuk pada QS. 33:4-5 jelas bahwa nasab itu hanya dari pihak laki-laki bukan perempuan, otomatis mahkota ‘ahlul bait’ dari keluarga Saidina Muhammad SAW itu terputus sampai Bunda Fatimah saja, artinya anak-anak dari Saidina Ali bin Abi Thalib, ya otomatis bernasab pada Saidina Ali bin Abi Thalib yang tidak mewarisi tahta ‘ahlul bait’.

    Apa hikmahnya, baik kelompok Syiah maupun habaib yang sama-sama mengaku keturunan ‘ahlul bait’ tidak perlu bertengkar lagi karena mahkota ‘ahlul bait’ yang diperebutkannya itu memang ‘sudah’ tak ada lagi.

    Damailah wahai umat Islam, umat Muhammad SAW, tak perlu memperebutkan dinasti ‘keturunan’-nya, karena besok dihadapan Allah SWT kita akan mempertanggungjawabkan diri kita masing-masing, tak ada pilih kasih, ooo itu keturunan ini,oo itu keturunan itu dsb

  21. habaib,,, tolong persaksikan dan doakan saya, saya termasuk pecinta rosulloh dan ahlul bait,, dody setiono nganjuk jatim,,,,, shollu ala muhammad

    • sebaiknya persaksian itu hanya pada Allah SWT bukan pada para habaib. habaib itu sama dengan anda sendiri, jadi berdoa langsung pada Allah SWT tidak perlu minta didoakan walaupun kepada siapa saja yang ada didepan anda. akan lebih baik, jika anda sendiri mendoakan orang lain, tangan di atas lebih mulia daripada tangan di bawah.

  22. semua yang mengaku umat Islam, mutlah mencintai Nabi Muhammad SAW dan keluarganya atau ahlul baitnya. Tinggal ahlul baitnya yang mana?, apakah ahlul baitnya masih terus ‘berketurunan’? Kalau berketurunan, melalui ‘nasab’ yang mana? Kalau nasabnya diambil dari nasab Bunda Fatimah, apa iya bisa Saidina Hasan dan Husein kita sebut bin Fatimah?. Kalau dipakai ‘bin Fatimah’ apa ada pengaturan dalam Al Quran? Lalu, kalau demikian, mau dikemanakan nasab Saidina Ali bin Abi Thalib? Apakah Saidina Hasan dan Saidina Husein hanya disebut cucu dari Saidina Muhammad SAW saja, mengapa tidak atau jarang disebut bahwa Saidina Hasan dan Husein ‘juga’ adalah cucu dari Abi Thalib ayah kandung dari Saidina Ali bin Abi Thalib. Masalah perlu dijernihkan dengan searif-arifnya.

  23. Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang GHAIB, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah PEMBERI PERINGATAN, dan PEMBAWA BERITA GEMBIRA bagi orang-orang yang beriman” (QS. 7:188)

  24. semua anak yag dilahirkan ibunya bernasab pada ayah mereka, kecuali anak anak fatimah, akulah (nabi muhammad) wali,ayah dan nasab mereka, , al hadis

  25. ini adalah kekhususan keistimewaan mengenai nasab yang diberikan allah swt kpd nabi muhammad. berbeda dg nasabnya sdr elfan dan kita semua yang nasabnya kpd bapak kita,,,, ..

  26. dikisahkan da seorang syaech yab benci pada ahlul bait, lalu dalam tidurnya sg syech bermimpi ketemu dg fatimah binti muhammad, kemudian sang sech mengucapkan slm namun fatimah tdak menjawab tanpa menoleh, kemudian fatimah berkata” tidakkah kamu tahu bahwa si fulan adalah anak anakku, bila kamu menyakitiya berarti kamu juga menyakiti aku,, dan mulei saat itu sang shech bertobat dan mencintai ahlul bait……

  27. dari silsilah nasab yg sy baca, ternyat gus dur presiden RI ternyata juga habib,. ternyata negeri ini pernah dipimpin seorang habaib juga,,, iya g

  28. Mengapa jarang disebut bahwa Saidina Hasan dan Saidina Husein adalah juga cucu dari Abi Thalib ayah dari Saidina Ali bin Abi Thalib?

  29. Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang GHAIB, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah PEMBERI PERINGATAN, dan PEMBAWA BERITA GEMBIRA bagi orang-orang yang beriman” (QS. 7:188)

  30. Allahumma shali ‘ala Muhammad wa aali Muhammad..

    • benar, dan ini kita baca setiap shalat. tapi apakah ‘ada’ penerus keturunan Ahlul Bait? dari nasab mana? jika nasab perempuan, apakah ini sejalan dng hakikat dan makna QS. 33:4-5?

  31. Sudah benarkah apa yg anda2 perdebatkan.
    Beranikah tangung jwb atas apa yg kalian kemukakan..
    Apa kalian cuma berkata2 tanpa beramal saleh.
    Lw kata gw orang th tergantung pas nanti sakaratul maut..
    Bisa gk kalian semua jaga keimanan ..

    • Hadis riwayat Abu Zar ra.: Bahwa Ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: Setiap orang yang mengaku keturunan dari selain ayahnya sendiri, padahal ia mengetahuinya, pastilah ia kafir (artinya mengingkari nikmat dan kebaikan, tidak memenuhi hak Allah dan hak ayahnya). Barang siapa yang mengakui sesuatu bukan miliknya, maka ia tidak termasuk golongan kami dan hendaknya ia mempersiapkan […]

      Rasulullah saw. bersabda: Janganlah engkau berdusta mengatasnamakan aku, karena sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku, maka ia akan masuk neraka [HR. Muslim]

      Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
      Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian. Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir. [HR Muslim]
      http://alhadistonline.wordpress.com/?s=keturunan

  32. QS. 33:4-5 ‘sangat’ tegas, NASAB dari seorang ‘anak angkat’ saja, tidaklah boleh kita sembunyikan, apalagi dihilangkan. Lalu, bagaimana seorang tokoh besar Saidina Ali bin Abi Thalib ‘bisa’ nasabnya ‘DIHILANGKAN’ atau ‘DIGANTIKAN’ menjadi anaknya BERNASAB pada BUNDA FATIMAH?

    Kalaupun kita mau menggunakan nasab perempuan, dalam hal ini NASAB-nya BUNDA FATIMAH, seyogianya nasab ini diteruskan pada ANAKNYA yang perempuan juga, seperti Bunda Zainabnya, bukan ‘PINDAH’ ke anaknya yang lelaki seperti Saidina Hasan-Husein.

    Kalaupun ada pihak mengaku masih ada keturunan NABI atau RASUL, itupun tidak tepat. Karena istilah NABI dan RASUL adalah nama jabatan yang dianuegarhi oleh Allah SWT pada seorang manusia seperti dianuegrahi pada SAIDINA MUHAMMAD SAW. Jadi kalaupun nasab dari BUNDA FATIMAH itu berlaku, maka anak keturunannya itu adalah disebut dengan BANI MUHAMMAD atau KETURUNAN SAIDINA MUHAMMAD saja, bukan bermerek sebagai KETURUNAN NABI ataupun KETURUNAN RASUL.

    Karena itu, setelah era Saidina Muhammad SAW (kalau masih ada keturunan beliau dari nasab lelaki) tidak ada lagi ‘tokoh’ yang diangkat sebagai NABI ataupun RASUL (QS. 33:40).

  33. sudahlah tdk perlu lagi diperdebatkan, “ini & itu”.

    jk ada yg meyakini itu memang benar adanya, ya biarkanlah mereka tetap seperti keyakinannya masing2, sy sebagai org awam pun tdk mempermasalahkannya, tdk baik kita saling ribut & berdebat, lebih baik mari kita semua menjaga ukhuwah islamiyah kita semua & selalu memperbaiki kualitas iman & takwa kita serta seluruh keluarga kita masing2 kpd Tuhan Yang Maha Esa, yuk kita mulai perbaiki diri kita sendiri, salah ukhuwah islamiyah dr saya😉

  34. Alhamdulillah, saya setuju dan bagi saya, saya sudah menyampaikan maksud dan kebenaran dari Al Quran itu sendiri ttg yg dipermasalahkan. Anda percaya atau tidak ya monggo.

  35. Adakah ahlul bait baginda SAW d akhir zaman ni dapat bermimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: