Sekolah Bulgaria Larang Jilbab

hijab_thumbBarat dan Eropa yang selama ini dianggap kampiun demokrasi justru paling sering melanggar HAM. Yang terbaru adalah Bulgaria

Semakin banyak negara yang melarang pemakaian jilbab. Baru-baru ini pemerintah Bulgaria menyetujui rancangan UU yang melarang pemakaian jilbab dan simbol agama lain di sekolah.

“Kami merasa tidak setuju dan getir dengan keputusan ini. RUU ini merusak hak-hak dan juga tanggung jawab bagi wanita muslim,” ujar Ketua Ulama Bulgaria, Hussein Hafazov.

RUU ini menyerukan larangan berjilbab dan simbol agama lain di sekolah. Namun RUU ini harus mendapat persetujuan parlemen.

Bulgaria adalah negara Eropa terakhir yang akan memberlakukan larangan pemakaian jilbab bagi wanita muslim.

Semula Prancis melarang pemakaian jilbab di tempat umum pada 2004. Sejak itu, beberapa negara di Eropa mengikuti langkah serupa.

Hussein Hafazov memperingatkan bahwa RUU itu bakal meningkatkan ketegangan masyarakat di negara yang terletak di kawasan Balkan. Sebelumnya, telah terjadi aksi pembakaran yang disengaja di sejumlah masjid dan bangunan muslim lain. Bahkan di beberapa sekolah, para siswi muslim dilarang memakai jilbab.

Bulgaria adalah satu-satunya negara di Uni Eropa dimana umat Islam bukanlah pendatang, tapi merupakan penduduk asli yang tinggal selama berabad-abad.

Umat Islam di Bulgaria mencapai 12 persen dari 7,8 juta jiwa. Mereka hidup relatif harmonis dengan umat Kristen selama berabad-abad. Kebanyakan dari mereka adalah keturunan etnis Turki dari Kesultanan Ottoman yang datang ke Eropa. Mereka tinggal secara damai dengan umat Kristen dalam sebuah kebudayaan yang dikenal dengan sebutan ‘komshuluk’ atau hubungan bertetangga.

Keberadaan masjid dan sekolah Islam sudah banyak terdapat di Bulgaria. Partai MRF dari keturunan etnis Turki juga menjadi kekuatan politik yang berpengaruh. Partai ini ikut berpartisipasi dalam dua pemerintahan sebelumnya. [iol/www.hidayatullah.com]

6 Tanggapan

  1. http://sangkebenaran.blogspot.com/

    -Tidak ada seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari Kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka. (An Nisaa’ Ayat 4:159)

    Ternyata Qur’an menceritakan bhw di Hari Kiamat Isa datang, katanya ulama Muhammad itu nabi terakhir. Sepertinya ulama itu salah, kalo bukan Qur’an yg salah.

    Saya akhirnya memilih percaya Isa sebagai juru selamat setelah baca web ini.

    Terimakasih, saya dipastikan dengan keselamatan saya di Hari Kiamat.

  2. untuk sang kebenaran,, tolong baca Qur’annya jangan dipotong baca sebelum dan sesudahnya.

  3. untuk sang kebenaran,, tolong baca Qur’annya jangan dipotong baca sebelum dan sesudahnya.
    okey baru anda akan paham,, dan klo mau mncari-cari kesalahan dari Al quran anda tidak akan ketemu, jika pemahaman anda kurang janganlah sering mncari kesalahan.

  4. sang kebeneran suidah gfila dikhianati istrinya

  5. Pengajar Alqur’an kepada umat muslim adalah Muhammad SAW, Bukan Isa AS.
    Sepertinya yang berkomentar di atas masih belum bisa mengerti arti konsisten terhadap agama. Menganggap Al-Qur’an Benar, namun Menyalahkan pengajarnya yang termasuk nabi akhir zaman.
    Benar kata saudara M. Aan, “tolong di baca ayat sebelumnya dan setelahnya”. Namun, Lebih baik lagi pelajari seluruhnya sebelum berkomentar.

    Terima kasih,

    Salam hangat Wasalam,

  6. Cinta Muhammad, berarti Cinta Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: