Waspada Aliran Sesat Al-Qiyadah

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Prof Dr Abdullah Syah, MA meminta umat Islam mewaspadai aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah karena aliran itu dinilai sesat dan melanggar ketentuan dan ajaran Islam.

“Masyarakat perlu lebih hati-hati terkait paham atau aliran itu sehingga tidak sampai terpengaruh,” katanya kepada ANTARA News di Medan, Sabtu.

Ketua MUI KH Ma`ruf Amin di Jakarta, Kamis (4/10) mengeluarkan fatwa bahwa aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah ADALAH sesat dan meminta pemerintah melarang penyebaran paham baru tersebut serta menindaktegas pemimpinnya.

Pendiri aliran itu, Ahmad Moshaddeq, yang sejak 23 Juli 2006 setelah bertapa selama 40 hari 40 malam mengaku dirinya mendapat wahyu dari Allah mengaku sebagai Rasul menggantikan posisi Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, kata Ma`ruf, aliran ini juga tidak mewajibkan untuk melaksanakan salat, melaksanakan ibadah puasa, menunaikan ibadah haji.

Abdullah Syah menambahkan, masyarakat agar dapat menjauhi ajaran yang tidak jelas itu.

Sehubungan itu, bila masyarakat mengetahui adanya ajaran tersebut beredar di wilayah Sumut, segera memberitahukannya pada MUI untuk segera ditindaklanjuti dan dilaporkan pada pihak berwajib.

“Ajaran baru tersebut jangan sampai membuat keresahan di tengah-tengah masyarakat, apalagi di bulan suci Ramadhan ini,” katanya menegaskan.

Ketika ditanya apakah aliran Al-Qiyadah sudah ada yang masuk ke Sumut, Abdullah Syah mengatakan pihaknya sampai saat ini belum ada menerima laporan mengenai ajaran itu.

Namun demikian ajaran sesat tersebut setiap saat terus diwaspadai agar jangan sampai masuk dan berkembang di Sumut.

“Ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita untuk mengawasi ajaran sesat yang tidak jelas itu,” katanya.(*)

29 Tanggapan

  1. Saya setuju dengan pernyataan bahwa ini tugas dan tanggung jawab kita sesama muslim untuk mengawasi ajaran sesat yang tidak jelas itu agar umat muslim yang lain tidak dapat terjerumus lagi dalam aliran yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam. Ingat! bahwa perang dengan menggunakan pedang atau semacamnya itu mematikan namun perang dengan kata, ajakan dan rayuan itu LEBIH MEMATIKAN.

  2. inilah bentuk kebobrokan iman umat indonesia yang sangat2 menyesatkan,jauh dari apa yang mereka pelajari pada saat mereka kecil

  3. Assalamualaikum
    Sebagai bahan diskusi anggota Al qidayah..Al qaidah? bisa diskusi disini..mana benarnnya mereka apa salahnya yang lain..
    mestinya ada anggota al Qaedah/Qiyadah yang ngomong
    siapa tahu ada solusi..
    keyakinan tidak bisa dipaksa..
    kita tidak bisa memaksa apa yang mereka sembah/yakini..dan sebaliknya..
    bagimu agamamu,,bagiku agamaku…
    Tiap periode waktu memang selalu muncul apa yang kita anggap “aliran baru” di Qur’an juga ada”Bahwa setiap seratus tahun selalu ada semacam wakil Rasull” tetapi siapa itu kita tidak pernah tahu…selama tidak berbuat pidana dan merugikan orang, biar saja” Tuhan memberi petunjuk dan menyesatkan siapa Yang Dia Kehendaki” Kalau tidak percaya ya sudah…bagimu agamamu,,bagiku agamaku. Ini jaman sudah maju..lebih baik berpikir bersama bagaimana bekerja bersama untuk kesejahteraan umat..

    Dan jangan kaget lagi kalau nanti ada yang mengaku sebagai Tuhan, Rasul nabi, wali dll… Sebenarnya ada ribuan “aliran” yang mengaku Islam. Bahkan di NU sendiri itu alirannya banyak sekali, belum lagi di kelompok2 lain. Nah siapa yang memasukkan neraka? bukan ulama, bukan kita..Tuhan sendiri, dan itu hak Tuhan…kembali ke pada Al Qaidah /Qiyadah tadi atau apapun namanya…Biarkan saja..nanti kalau masyarakat tidak respon akan hilang sendiri..jika dilarang2 akan tambah militan…malah konflik bisa timbul…la kapan mbangun negara, kapan mbagun umat…
    Salam

    Wassalam

  4. kok warga alqiyadah mau ya di boongin oleh ahmad Mushaddeq… tanda2 kenabiannya dimana?? mushaddeq aja bingung waktu di wawancarai trans7 dijawab tanda nubuahnya alqur’an…. wah bener2 kazzab tuh orang, gak tau beda nubuat dan mukjizat 100% apa yang dillakoni siKazzab medompleng kehidupan nabiAllah Muhammad SAW. tapi masih ada aja warga yang percaya ama orang itu… so waspada aja neh gerakan penodaan agama ini selalu mencampuradukan antara haq dan batil
    gerakan alqiyadah beda tapi sama dengan LDII, Inkar Sunnah, Qur’an Suci, Lia Eden DLL kesemuanya untuk mengeruk keuntungan dan memperkaya diri pribadi demi sebuah jabatan sanjungan belaka.
    cara mereka sama dengan yang dilakukan para misionaris metode MLM yaitu disetiap perekrutan akan mendapat poin hingga mencapai posisi tertentu.. walhasil anggota gerakan ini di tarik uang pengampunan dosa. hampir semua ajarannya adalah suka2 dengan menghilangkan perangkat ibadah wajib yang bagi orang2 awam adalah suatu yang memberatkan termasuk (sholat,puasa, haji) ukuran zakat diubah lebih besar dari 2,5 % untuk biaya pergerakan mereka, istilah yang mereka gunakan hampir kebanyakan bernuansa kristiani
    mayoritas gerakan ini didukung oleh kepentingan global untuk perpecahan Ummat

  5. Bunuh aja orang-orang yang ngaku-ngaku jadi nabi setelah Rasulullah S.A.W.!!!!!

  6. Saya sangat prihatin dengan banyaknya aliran2 baru yg muncul. yang saya paling takutkan adalah kegoyahan iman. apalagi orang yang imannya belum kuat. semoga saja mereka masih pakai akal fikiran dan hati nurani untuk memilih mana yang benar dan yang salah.
    sesungguhnya apa yg ada di fikiran ahmad Mushaddeq…….
    belum lagi lia eden yg akan bebas….
    Ya….Allah kuatkan lah iman hambamu ini dan umat islam di bumi….agar selalu lurus di jalan MU…..dan yang salah tegurlah agar segera bertobat padaMU…..Amin…

  7. saya pibadi sangat sedih sekali karena umat islam saat ini sedang dilanda keresahaan tentang adanya aliran sesat saat ini yang bernamakan AL-QIYADAH
    karena saya sangat tidak setuju dan muak sekali dengan apa yang di bawakan ajaran tersebut

  8. Saya setuju dengan pernyataan bahwa ini tugas dan tanggung jawab kita sesama muslim untuk mengawasi ajaran sesat yang tidak jelas itu agar umat muslim yang lain tidak dapat terjerumus lagi dalam aliran yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam. Ingat! bahwa perang dengan menggunakan pedang atau semacamnya itu mematikan namun perang dengan kata, ajakan dan rayuan itu LEBIH MEMATIKAN.

    ya alloh…berikanlah kekuatan iman hambamu ini dan umat islam di seluruh indonesia bahkan di seluruh dunia agar tidak terjerumus ke dalam ajaran yang sangat menyesatkan,menghancurkan ini(AL-QIYADAH).

    dan juga kepada bapak2 polisi di seluruh indonesia
    tolonglah di selidiki,di kejar dan di tangkap para pemimpin2 aliran tersebut bahkan sampai ke anak buah nya kalau bisa di hancurkan sekalian tempat dimana aliran tersebut berkumpul.

  9. apa tdk lagi yg harus mereka lakukan dalam kehidupan ini, dan kita sudah yakin bahwa tdk ada rasul yang akhir kecuali Muhammad,sampai akhir zaman. lalu kenapa masih ada orang yg mengaku rasul sebagai perpanjangan dari muhammad?ini tdk lain hanyalah ingin mencari sensasi saja dan moga-moga pengikut alqiyadah mau menyadari tenang kesalahan mereka

  10. kepercayaan adalah suatu keyakinan yang tidak dapat kita paksakan, kepercayaan merupakan suatu hak asasi dari manusia, kita tidak dapat memaksakan bahwa kepercayaan yang kita benar dan kepercayaan orang lain yang salah selagi tidak mengganggu ketertiban dan keamanan itu sah-sah saj, dijaman orde baru ada aliran kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa, yang hanya ingat kepada tuhannya sudah cukup. karena ada orang orang kuat tertentu maka yang lainnya tidak berani untuk berkomentar, untuk ormas-ormas agama lainnya janganlah terlalu membanggakan diri untuk bisa membawa ke jalan yang benar, jalan yang benar itu baru dapat kita ketahui setelah kita nanti sudah berada di neraka atau surga Allah SWT. jadi bagaiman mungkin kita mengatakan diri kita sudah berada di jalan yang benar.
    masih banyak masalah-masalah di dunia terutama di Indonesai yang sedang atau akan terjadi, lumpu lapindo, gunundg meletus, korupsi. jadi mari sama-sama memperbaiki negar ini, dan memperbaiki diri masing. OK.

  11. Saya sangat prihatin dengan adanya aliran-aliran baru yang ada saat ini, apalagi dengan munculnya Al- Qiyadah al-islamiyah. Sugguh tidak masuk diakal & biadab dengan orang yang mengaku sebagai Rosul Allah. Itu benar-benar sesat. Wahai umat islam diseluruh dunia, Cobalah kuatkanlah iman kalian semua. Janganlah terpengaruh dengan munculnya aliran2 yang ada. Itu sangat menjerumuskan kalian ke dalam kesesatan. Berdoalah agar selalu dalam kebenaran. Amin

  12. Sudah saatnya MUI membentuk Garda dan intelejen khusus yang bertugas mengawasi dan memberantas aliran sesat yang saat ini kian tumbuh subur di indonesia. Hadirnya badan khusus tersebut akan mencairkan keresahan umat islam.
    MUI juga harus tegas dalam mengambil sikap, jangan menjadikan HAM sebagai rintangan dalam menegakkan keadilan dalam bermayarakat.

    Ide saya….sikat habis orang yang mengaku nabi/rasul !!

  13. klo menurutku Al-Qiyadah islamiyah tu gak kreatif, kalo memang bikin konsep keagamaan baru ya jangan Niru /Mbajak miliknya orang. dalam islam tu ud jelas ALLah tuhannya dan Muhammad Rosulnya jangan diganti-2. kalo masih tetep pengen ganti ya jangan pake istila Islam. tu nyatanya Gak Cerdas!

    oh ya Jangan merusak Pemahaman Orang yang sudah Mapan, kalo anda dituduh SESAT ya pantas. lawong gk kreatif, ber-Islam tapi anda Menyelewengkan. Lawong Mbajak Lagu saja dilarang apalagi Membajak AGAMA…? tul gak ..?

  14. Q juga gak setuju ma adanya ajaran SESAT ini.
    dadi wong se karepe dewe. ngaku2 dadi nabi opo rosul???
    ya ngaca dong pak lek ????? mukanya tu gimna????
    pantes gak jadi nabi??????nabi tu gak pernah punya dosa????
    intropeksi diri po’o????????. n tak lihat2 orang yang ngaku jadi nabi tu kok kanyak orang yang radak ya?????
    masak di depan media kayak orang yang baru kluar dari rumah sakit jiwa abizzzz senyum2 kayak orang gila????????

    ANCEN WONG GAK GENAH AE IKUTI LAN NGAKU2 DADI NABI.

    DONG DONG IKU PENGIKUTE.

  15. musadek orang paling bego di dunia

  16. musadek orang paling bego di dunia, bunuh aja! pake ngaku-ngaku nabi lewat mimpi. kemaren gw mimpi jadi presiden tp gw ga ngaku-ngaku presiden

  17. Indonesia tak pernah lepas dari masalah….. pembawa aliran yang membawa ke jalan yang sesat harus benar-benar di tindaklanjuti sesuai dengan hukum…
    yang anehnya, selepas keluarnya lia eden yang membawa aliran kerajaan dan mengaku dia sebagai bunda maria, nah loh… sekarang da yang ngaku sebagai rassul allah… mo jadi negara ni,……..

    adili dan hukum orang yang mengajarkan aliran yang menyesatkan…. MUI segera atuh bergerak….

    dari KOMUNITAS ISLAM SUKABUMI

  18. Sing bener seng endi sih ……

  19. buat ip3ng……apa persamaan LDII dg qiyadah???? wong LDII gak pny nabi baru kok!!!!! coba anda bahas dan anda paparkan..

  20. ISLAM is the best choois,

  21. Waspadalah umat islam..jangana biarkan hal seperti ini merusak iman dan memecah belah umat islam..siapa tau ini adalah bagian dari ulah barat yang selalu berusaha menghancurkan islam dg berbagai cara..mencitrakan islam sebagai sesuatu yang negatif, sesugguhnya orang2 kafir itu tidak pernah ridho akan agama Allah.
    Barat menginginkan kita umat islam terpecah2..ingat siasat belanda yg mengirim snouck hurgronje ke dalam kaum padri untuk melemahkan kaum ulama?
    tetap teguh kembali pada quran dan sunnah
    Allahu Akbar!!!!

  22. kenapa sich ko ada ajaran yang sesat. Ga puas kah dengan agama yang telah ada. Seharusnya kita tuch mesti menjaga keutuhan dan kerukunan agama yang ada. Musryik dan Kafir banget sih orang-orang yang pada ikutan agama tersebut. Sampai mati pun orang-orang tersebut akan selalu di laknati oleh ALLAH SWT.

  23. kenapa sich harus ngikutin aliran yang gak jelas kayak gitu, ikuti aja agama Islam yg sewajarnya aja.

  24. siapakah sebenarnya yang sesat, pengikut al-Qiyadah atau oknum-oknum yang merusak dan bertindak anarkhi terhadap al-Qiyadah???
    yang jelas pengikut al-Qiyadah tidak pernah bertindak kekerasan ataupun menyerang eksistensi orang lain yang bersifat destruktif.
    lagipula Indonesia adalah negara hukum yang juga mengakui dan melindungi HAM, terutama kebebasan beragama individu.
    kita, sebagai manusia tidak pernah punya kuasa untuk menentukan yang benar dan salah, dan kita juga bukanlah sumber kebenaran, karena Tuhan-lah kebenaran.
    kita sebagai mahkluk yang tak sempurna, hendaknya saling mawas diri dan mencari kedalam, bukannya malah saling tunjuk menyalahkan ke luar.
    sudah sejati-baik-sabar kah perbuatan kita???!
    harap direnungkan….

  25. Gak Ngurus AlQiyadah…Wong Nabinya SUDAH TOBAT & Kembali Ke Al Qur’AN & HADIST.
    Agama Orang Laen = GAK URUS

  26. wahai saudara2ku setanah air……….marilah kt semua instopeksi diri kita masing2 musibah terjadi dimana2, tsunami, tanah longsor, gempa dll. semua itu adalah teguran dari Alla SWT. mari kita benahi diri kita sendiri dulu! sebab disitu sudah dikatakan (Al Qur an) “apapun yang kita tanam pasti kita akan petik hasilnya” lebih dan kurang seperti itu jd kalau kt tanam yang baik maka hasilnya jg baik, tp kalo sebaliknya maka kt akan menerima ganjaranNya Pula. sebab sesuatu yg terjadi adalah teguran dariNya. Khusus untuk para pengikut Mosaddeq cepatlah kita insyaf dan mohon Ampun kepada Allah SWT smoga Pintu Taubat masih terbuka untuk saudara2 sekalian. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  27. saudara Ubermensch………………Permasalahannya Bukan Kebebasan menganut ajaran dan kepercayaan sesuai dlm undang2, tp yg jd permasalahan disini adalah aliran ini masih menganut ajaran islam dan perpedoman pada Al Qur’an, sedangkan apa yang mereka jalankan itu bertentangan dengan ajaran yang ada dalam isi Al Qur an itu sendiri. Mungkin kalau dia keluar dari islam Masuk Agama Lain Buat MUI tdk dipermasalahkan, karena banyak bukti muslim masuk Contohnya kristem ada Nggak MUI yg mempermasalahkan? Mhn saudara Jawab! jd kebebasan menganut agama dan kepercayaan boleh2 saja selama ajaran itu tidak mencemarkan dan merusak nama baik salah satu agama yg ada. Memang manusia tdk bisa menentukan mana yg benar dan mana yg salah itu hanya tuhan…..tp semua agama slalu berpedoman pada kitab mereka masing2. termasuk Jaringan Mosadeq ini yg berpedoman pada Al Qur an tp yg mereka jalankan bertentangan dgn Al Qur an itu sendiri……..Bagaimana Menurut anda?

  28. kalau sih sangat tidak setuju dengan adanya aliran macam itu,karna bagaimanapun aliran tersebut sangat membahayakan bagi ummat manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: